Gaya Hidup post authorPatrick Waraney 17 Januari 2021 11,750

She's Gone, Lagu Rock Klasik yang Lahir dari Kepedihan Perginya Sang Kekasih

Photo of She's Gone, Lagu Rock Klasik yang Lahir dari Kepedihan Perginya Sang Kekasih Lagu She's Gone sangat populer ketika dibawakan oleh Steelheart lewat lengkingan vokal dari Miljenko Matijevic yang juga gitaris Steelheart.(Foto: Youtube)

She's gone
Out of my life
I was wrong
I'm to blame
I was so untrue
I can't live without her love
In my life
 

 

TEMBANG  She's Gone dipopulerkan oleh band rock Amerika Serikat, Steelherat yang asal Norwalk, Connecticut, AS, dari album debut self-titled pada 1990. Lagu dengan reffrain sangat tinggi membuat She's Gone merupakan lagu yang sulit untuk dinyanyikan persis kekuatan vokal Miljenko Matijevic, penyanyi sekaligus gitaris  Steelheart.

Merajai blantika musik dunia Billboard Hot 100, lagu ini sebenarnya pertama kali dirilis pada 1973 dalam album Abandoned Luncheonette dari grup band  Hall & Oates. Lagu balada yang melambung dan menyedihkan ini, ditulis di sebuah apartemen di  Kota New York.  She’s Gone terinspirasi oleh kesedihan yang nyata dan didukung oleh persahabatan yang mendalam tentang hilangnya seorang kekasih yang berlalu untuk selamanya dalam kehidupan.

Meski lagu itu ditulis hampir lima dekade lalu, perasaan kehilangan yang diekspresikan dalam liriknya tetap pedih seperti di era pembuatannya. Setidaknya, kesedihan inilah yang dialami John Oates, penulis She’s Gone yang juga pendiri Hall & Oates. "Wanita itu, dia pernah berjanji bertemu dnenganku, tapi tak pernah datang," kenangnya.

Pada medio 1970-an, John masih ingat pertemuannya dengan wanita ayu itu di The Pink Tea Cup di Jalan Bleaker, kawasan Soho, New York. "Saat itu bulan Desember, cuaca sangat dingin, sudah sangat larut, seperti jam dua subuh. Saya pergi ke sana untuk makan, dan gadis ini masuk. Dia mengenakan sepatu bot koboi. Saya mengingatnya dengan baik. Dia duduk, kami mulai mengobrol dan berkumpul," kenangnya.

Perkenalan singkat itu berubah akrab. John kemudian bertanya apakah wanita itu mau bersamanya merayakan malam tahun baru, "Dia bilang ya, tapi dia tidak muncul malam itu. Jadi, sebagai gantinya, malam tahun baru itu, saya duduk sendirian di apartemen," tambah John.

Love at the first sight, cinta pada pandangan pertama. Dalam kesendirianan itulah John mulai memainkan gitar dan menghasilkan jenis refrain yang sederhana. Syairnya bercerita bahwa karena wanita itu  tidak datang maka tidak akan pernah datang.  

Anggota band yang lain, Daryl datang ke apartemen John. Daryl yang sedang putus cinta menceritakan mengenai kepiluan karena ditinggalkan sang kekasih. Dan dari kisah John tentang wanita yang tak pernah kembali dan dari kepiluan cinta Daryl maka terciptalah syair She's Gone

"Kami memilih lirik soal benar-benar kehilangan. Saya pikir ini adalah masalah yang sama jika dialami semua orang, tapi saya menulisnya dengan sangat pribadi. Saya tidak tahu apakah itu lagu terbaik yang pernah ada, tapi yang pasti, inilah lagu yang paling abadi.  Kami tahu itu lagu yang unik," tambah John yang kemudian merekam lagu tersebut di Studio Atlantik bersama produser legendaris, Arif Mardin.

 

Tampil di Jakarta Tahun 2013

Berdiri pada 1990, grup band Steelheat  sempat memeriahkan panggung Java Rockinland di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, 22-23 Juni 2013. Band heavy metal, hair metal, dan hard rock ini tetap diperkuat oleh vokalis Miljenko Matijevic yang khas dengan lengkingan vokal luar biasanya. Penyanyi kelahiran Kroasia itu menjadi salah salah satu penyanyi di masanya yang punya suara tinggi dan berwajah ganteng.

Setelah sering gonta ganti personel, Steelheart kini diawaki oleh Miljenko Matijevic (vokal, gitar), Chris Risola (gitar), Rev Jones (bas), Mike Humbert (drum).

Sejak berdiri pada 1990, band ini sempat bubar pada 1992. Periode itu, mereka meluncurkan album Steelheart (1990) dan Tangled In Reins (1992). Mereka lalu comeback pada 1996 meluncurkan album Wait.

Peluncuran album ketiga ini cukup berat karena masa itu dunia sedang gandrung dengan musik alternatif dan grunge yang dialirkan oleh band Nirvana.

Setelah album ketiga, Steelheart tak terdengar lagi kiprahnya, lalu mereka coba bangkit dari 'kubur' pada 2006, dan langsung saja meluncurkan album Just a Taste (mini album), lalu berlanjut ke album Good 2B Alive (2008).(001/berbagai sumber)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda