Bengkayang post authorKiwi 23 September 2022

Bupati Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemkab Bengkayang

Photo of Bupati Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemkab Bengkayang

Bengkayang,SP - Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis melaksanakan pengambilan sumpah atau janji jabatan dan pelantikan jabatan pimpinan tinggi Pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan ketua tim penggerak PKK kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, di aula terbuka Kantor Bupati Bengkayang, Kamis (22/9) sore.

Dalam kesempatan itu, Bupati Darwis turut berpesan kepada sejumlah pejabat yang dilantik untuk tetap berkoordinasi, Patuh pada atasan, kerjasama dan kerja tim.

Dia menjelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan ini dikategorikan dalam beberapa hal. Pertama, pejabat yang dilantik atau dikukuhkan kembali dalam jabatan pimpinan tinggi Pratama eselon 2B beserta pejabat yang ada dalam struktur organisasi perangkat daerah yang bersangkutan sebagai akibat dari terjadinya perubahan nomenklatur yang disesuaikan berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Bengkayang nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan ketiga atas Peraturan daerah nomor 11 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Bengkayang. Serta penyesuaian pos rencana kegiatan dan anggaran dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Kedua, pejabat yang dilantik karena kebutuhan organisasi pemerintah daerah sebagai akibat dari adanya beberapa pejabat di berbagai tingkatan yang memasuki batas usia pensiun.

"Sehingga perlu diisi dengan pejabat baru baik melalui rotasi atau mutasi antar perangkat daerah maupun promosi dari jenjang jabatan yang di bawahnya. Ini dilakukan sebagai bagian dari pembinaan karir dan penyegaran serta menambah wawasan atau pengalaman bertugas setiap aparatur sipil negara khususnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkayang," paparnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan pelantikan atau pengukuhan jabatan pada beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang yang mengalami perubahan nomenklatur atau penyebutan tersebut sebelumnya telah dilakukan melalui proses usulan Bupati Bengkayang kepada Komisi aparatur sipir negara melalui surat nomor: KP. 11/2720/bkpsdm-d tanggal 18 Agustus 2022 perihal permohonan pengukuhan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang. Hal tersebut, kemudian telah mendapat persetujuan komisi aparatur sipil negara dengan surat nomor b-3083/jp. 00.02/08/2022 tanggal 31 Agustus 2022 perihal rekomendasi pengukuhan PPT Pratama di lingkungan Pemkab Bengkayang.

"Perlu saya sampaikan dan diketahui bersama bahwa mutasi atau rotasi maupun promosi khususnya yang dilakukan pada tingkatan jabatan pimpinan tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, ke pihak komisi aparatur sipil negara dilakukan atas dasar para pejabat pimpinan tinggi Pratama yang dilantik dan disumpah beberapa waktu lalu didasarkan atas jabatan yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Bengkayang kepada Komisi ASN," ungkapnya.

"Tentunya hal tersebut mengacu atas hasil seleksi jabatan dengan menyebutkan nomenklatur atau penyebutan jabatan lama yang tidak segera disesuaikan akan berdampak terhadap kegiatan di perangkat daerah tersebut," timpalnya.

Dia menambahkan, bahwa penetapan ASN dalam suatu jabatan tertentu telah melalui proses pembahasan dan pertimbangan tim penilai kinerja pegawai negeri sipil Kabupaten Bengkayang. Hal ini sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karir pegawai pada saat ini sepenuhnya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Jadi pelantikan saudara-saudari ini merupakan hal biasa dalam organisasi dalam rangka penyegaran dan pengisian jabatan yang lowong. Pengisian jabatan merupakan suatu keharusan dan harus dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja organisasi yang lebih efektif efisien serta berdaya saing," imbuhnya.

Oleh karena, dia meminta kepada jajaran yang memperoleh kesempatan dan kepercayaan menduduki jabatan, terlebih lagi untuk beberapa pejabat yang dipromosi pada jabatan yang setingkat lebih tinggi agar bisa melaksanakan tugas dengan baik, serta segera menyesuaikan diri dan implementasikan tugas dan fungsi baru secepatnya.

"Tentunya dengan tidak mengabaikan peraturan yang menjadi dasar tingkatkan fungsi koordinasi dan komunikasi dengan semua instansi dan stakeholder dan melibatkan tim work yang ada," jelasnya.

Lebih jauh, orang nomor wahid di Bumi Sebalo itu juga mengingatkan bahwa sebentar Kabupaten Bengkayang akan memasuki triwulan ke-4 dalam perjalanan Tahun Anggaran 2022. Berangkat dari itu, dirinya mengajak semua jajaran di perangkat daerah untuk benar-benar fokus pada upaya penyelesaian berbagai kegiatan yang telah direncanakan dan dianggarkan Tahun 2022.

"Untuk itu saya minta kepada seluruh kepala perangkat daerah agar melakukan evaluasi dan berbagai langkah atas pelaksanaan kegiatan terutama pelaksanaan kegiatan fisik, melalui proses pengadaan barang atau jasa yang harus dilakukan dengan cepat, tepat dan bermanfaat bagi masyarakat banyak," tegasnya.

Lebih jauh, dia juga meminta agar waktu yang tersisa untuk penyelesaian pekerjaan digunakan semaksimal mungkin. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan fisik semakin sedikit.

Terutama untuk mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya pertama memastikan segala proses pelaksanaan kegiatan bisa dilakukan secepatnya melalui proses pengadaan barang atau jasa. Kedua aktif memantau pelaksanaan kegiatan dengan seksama secara berkala sehingga diketahui progres kemajuan pekerjaan sesuai kualitas dan spesifikasi barang yang diminta. Ketiga, mendokumentasikan perkembangan pelaksanaan pekerjaan dengan baik secara kondisi awal hingga selesai pekerjaan mulai dari nol persen 50% hingga 100% sebagai bahan evaluasi untuk pelaporan secara administrasi titik upayakan hal-hal yang tertuang di atas kertas kerja dan situasi riil di lapangan untuk dapat selaras.

"Hal-hal itu perlu dilakukan agar kedepannya tidak ada permasalahan yang terjadi," ucapnya.

Sementara terkait pelantikan Camat di wilayah Kabupaten Bengkayang, dia menuturkan bahwa hal tersebut dilakukan karena adanya mutasi pejabat sebelumnya untuk mengisi kekosongan jabatan di perangkat daerah lain.

Darwis berharap kepada para camat yang baru dimutasi dan menduduki posisi jabatan di tempat yang baru untuk dapat meningkatkan kinerja organisasi. Dengan tentunya selalu mengevaluasi kinerja personil di jajarannya serta melakukan sistem pelayanan yang mudah murah dan tidak bertele-tele dengan memperkuat kolaborasi atau jalinan kerjasama baik di dalam maupun di luar organisasi.

"Saya juga ingin ingatkan bahwa Camat adalah perpanjangan tangan Bupati di kecamatan. Oleh karena itu, baik buruknya pelayanan yang diberikan camat di tingkat kecamatan akan berpengaruh langsung terhadap kredibilitas Bupati di kabupaten," terangnya.

"Untuk itu jalin selalu kerja sama yang baik dan harmonis dengan mitra kerja atau apa vertikal di tingkat kecamatan. Kemudian kepada istri saya juga minta untuk selalu memberikan motivasi dan semangat bagi suami dalam menjalankan tugas," pungkasnya.

Di tempat yang sama, ketua tim penggerak PKK dan sekaligus Bunda PAUD Anita Darwis juga melantik ketua tim penggerak PKK Kecamatan Sungai Raya kepulauan dan Kecamatan samalantan. (Nar).

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda