Melawi post authorBob 23 Januari 2023

Serahkan Penjabaran APBD, Bupati Dadi Minta Percepat Lelang

Photo of Serahkan Penjabaran APBD, Bupati Dadi Minta Percepat Lelang Serahkan Penjabaran APBD, Dadi Minta Percepat Lelang
MELAWI, SP - Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa menyerahkan Perbup Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Jumat (20/1/2023) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi. Dadi meminta dinas segera mengeksekusi anggaran dan mempercepat proses pelelangan. 
 
Penyerahan penjabaran APBD menandai dimulainya pelaksanaan kegiatan dan program di seluruh OPD khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.
 
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Melawi, Abang Mangkota menyampaikan kegiatan tersebut berdasarkan PMK 212 Tahun 2022 yang ditetapkan pemerintah pusat dan wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah.
 
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Melawi secepatnya akan melakukan pergeseran penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023.
 
Abang Mangkota juga mengimbau kepada seluruh Kepala OPD untuk bekerjasama dan berkomitmen untuk menyampaikan laporan keuangan secepatnya.
 
“Target Pemerintah Kabupaten Melawi adalah akhir Februari telah menyerahkan laporan tersebut kepada Badan Pemeriksa Keuangan," ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Melawi, Dadi Sunarya  menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi telah menetapkan Peraturan Bupati No. 89 tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023 tentang belanja pemerintah yang efektif dan tepat sasaran berdasarakan RKPD.
 
“Tentu saja pelaksanaan anggaran harus tetap dilaksanakan dengan prinsip akuntabilitas sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan," katanya. 
 
Lebih lanjut, Bupati menekankan terkait dengan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 antara lain percepatan proses lelang, pelaksanaan realisasi anggaran untuk semakin dioptimalkan agar tidak ada penumpukan realisasi anggaran pada akhir tahun dan para Kepala OPD dapat segera menetapkan Pejabat Pengelola Keuangan di OPD masing-masing.
 
Menutup kegiatan tersebut Bupati Melawi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi menyerahkan Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023 kepada para Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi. (eko) 
Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda